Berawal dari rasa kesal setiap kali ingin menulis di blog selalu saja tampilannya tertutupi oleh iklan yang tidak jelas darimana datangnya. Seharusnya ketika ingin menulis blog tampilannya seperti ini :
Gambar 1. tampilan normal
Tetapi entah kenapa akhir-akhir ini tampilannya berubah, terdapat pop-up iklan yang tidak diundang sehingga menutupi kolom untuk membuat tulisan. Selain itu tampilan di blog dan setiap website yang dikunjungi juga terdapat iklan yang tidak jelas darimana datangnya sehingga mengganggu pemandangan. Seperti ini tampilannya : 
Gambar 2. Tampilan pop-up iklan yang tak diundang
Gambar 3. Tampilan pop-up iklan di blog / website yang dikunjungi
Tapi tidak sampai disitu saja ulahnya, terkadang ketika sedang asik baca tulisan tiba-tiba muncul tab baru yang isinya lagi-lagi iklan tidak jelas. Ini kerjaan siapa sih sebenernya ??
 
Ane pun mencari apa penyebabnya ? terus bagaimana solusinya ?

Setelah beberapa jam melakukan penyelidikan, akhirnya tertangkaplah tersangkanya. Ternyata si ADWARE yang selama ini mengganggu. Huft -_- 
Setelah ane kepoin ketemu juga asal usul si adware dan apa modus utamanya ? Oke langsung aja.

Siapa itu Adware ?
Adware adalah singkatan dari Advertisement Ware. Advertisement = iklan, Ware = barang / benda. Intinya sih sangat berhubungan dengan iklan. Kalau kata mbah wikipedia sih "Adware adalah istilah istilah teknologi informasi yang menginstalasikan dirinya sendiri tanpa sepengetahuan pengguna dan menampilkan iklan-iklan ketika pengguna berselancar di internet. Script yang ditulis pada halaman web memungkinkan adware untuk jalan sendiri / autorun application yang akan muncul saat kita berselancar di internet / ketika kita sedang menjalankan aplikasi. Umumnya adware sangat mudah untuk dinonaktifkan, tinggal uninstall programnya di control panel / disable extension adware pada browser, tapi ada beberapa varian adware yang memiliki teknik anti-removal sehingga walaupun sudah di uninstall programnya / disable extension tetap saja adwarenya tidak bisa terhapus. Sangat menyebalkan memang, dan itu yang terjadi pada ane.

Darimana asal-usul Adware ?
Sebagian besar Adware tertanam di dalam aplikasi-aplikasi gratisan, seperti MyWay Searchbar dengan fitur layanannya seperti SmileyCentral, Zwinky, dan WeatherBug. Adware dapat menempel pada komputer kita, terutama ketika sedang melakukan browsing dan sistem operasi yang digunakan memiliki banyak celah untuk dimasuki. Berikut ini adalah nama program adware yang umumnya otomatis terinstall pada program file tanpa sepengetahuan pengguna : BetterSurf, LyricViewer, LyricXeeker, Plus-HD 1.3, Browse2Save, WebCake 3.00, DownloadTerms 1.0, Allyrics, Feven 1.7, LyricWoofer,SimpleLyrics. So jika ente mengalami kasus seperti ane silahkan cek lagi program yang sudah terinstall di control panel -> program. Apakah terdapat salahsatu program di atas ?

Apa efek Adware ?   
 
Adware sebenarnya tidak terlalu berhaya namun sangat mengganggu para pengguna komputer yang sedang surfing di internet. Adware akan menampilkan jendela peringatan (pop-up) yang berisikan iklan-iklan pada saat membuka halaman situs-situs tertentu (yang memasang adware pada scriptnya). Atau ketika pengguna sedang menjalankan aplikasi kantoran seperti office / game tertentu tiba-tiba muncul iklan-iklan yang tidak jelas.
 
Bagaimana solusinya ?
 
Ada beberapa solusi yang ane tau buat membasmi Adware, ini solusinya : 
 
Solusi 1 : 
 
Menghapus adware secara manual, langsung uninstall aplikasi yang tidak dikenal pada program file atau disable extension pada browser. Caranya : 
 
1. Pilih tombol start --> control panel --> klik uninstall a program 
 
 
 
2. Cari program yang aneh / tidak dikenal(contoh programnya seperti pada bahasan asal-usul adware)
3. Kemudian uninstall program tersebut.
 
4. Cek juga extension / add-on pada web browser.
 
    Pada Mozilla Firefox : 
    a.  Pilih add - ons
 
    b.  Kemudian akan muncul jendela baru, pilih extension. Jika terdapat program tidak dikenal   
         disable saja. Pada gambar contoh program yang berupa adware adalah ButterSurf.
 
 
    Pada Google Chrome  :
    a.  Di pojok kanan atas klik ikon kotak yang memiliki 3 garis. Pilih tools --> extension
 
    b.  Remove / hapus aplikasi yang tidak dikenal
 

Namun terkadang cara ini tidak mempan terhadap Adware yang memiliki anti-removal, maksudnya tidak langsung terhapus begitu saja ketika di uninstall / disable. Tetap saja bandel, iklan-iklannya masih sering muncul. Ngeselin emang. -_-. Tapi tenang ada solusi-solusi selanjutnya.
Solusi 2 : 
Menghapus Adware menggunakan software AdwCleaner. Software ini akan melakukan scanning komputer dari file malware dan registry key, yang telah terpasang tanpa sepengetahuan pengguna. Software bisa di download di AdwCleaner Download Link.
Cara menggunakan : 
 
Jalankan softwarenya --> Klik Scan. Setelah itu akan ditampilkan hasil dari proses scanning, kemudian klik clean untuk menghapus adware yang telah terpasang. Setelah itu program akan meminta komputer melakukan restart. Klik Ok jika terdapat pop-up untuk restart.

Solusi 3 : 

Menghapus Adware menggunakan software JunkWare Removal. Software ini akan menghapus adware yang tertanam pada browser mozilla, chrome, dan internet explore. Softwarenya bisa di download di Junkware download link.

Cara menggunakan :

1.  Klik ikon junkware yang telah di download. Klik allow jika terdapat pop-up windows.

2.  Program akan berjalan pada Command Prompt, ketik tombol apa saja di keyboard untuk memulai


3.   Tunggu beberapa menit (10 - 15 menit) tergantung spesifikasi sistem komputernya.

4.  Jika telah selesai maka program akan menampilkan log yang berisi file adware dan file registry
     nya yang telah dihapus oleh junkware.


Solusi 4 :

Menghapus Adware menggunakan software  Malwarebytes. Software ini mampu mendeteksi dan menghapus semua jejak Malware termasuk adware, trojan, rootkit, rogues, dialers, spyware, dll. Softwarenya bisa didapat di Malwarebytes link download.
Cara menggunakan : 
1.  Install aplikasinya terlebih dahulu
 
 
2.  Setelah terinstall pada tab scanner pilih opsi "Perform quick scan", kemudian klik tombol scan  
     untuk memulai pencarian file-file malware
 
 
 
3.  Jika telah selesai, klik tombol show result maka akan tampil hasilnya. Centang pada file yang 
     telah terinfeksi dan ingin dihapus, kemudian klik remove selected.
Solusi 5 : 
 
Menghapus adware menggunakan software HitmanPro. Software yang didesain untuk mengamankan komputer dari malware (adware, virus, trojan,rootkit,dll) yang sudah menginfeksi komputer meskipun semua teknik pertahanan telah digunakan ( seperti telah menggunakan anti-virus, firewall,dll ). Softwarenya dapat di download HitmanPro download link. Terdapat lisensi yang gratis dan berbayar.
 
Cara menggunakan :   
 
1. Double-click pada file HitmanPro.exe (untuk windows 32 bit) atau HitmanPro_x64.exe (untuk 
    windows 64 bit). Ketika sudah di donwload klik filenya dan akan tampil seperti gambar 
 
 
2. Klik next untuk menginstall program
 
 
3. HitmanPro akan melakukan scanning. Ketika selesai akan ditampilkan malware yang terdeteksi.
 
 
5. klik active free licence untuk masa aktif software selama 30 hari.
 
 
 
6. HitmanPro akan menampilkan jumlah malware yang terdeteksi. Klik tombol reboot untuk 
    me-restart komputer dan menghapus malware. 
 
 
 
sumber :  http://diksikalis.blogspot.com/2014/01/menghapus-adware-pop-up-iklan-yang.html